29.1.11

Motivasi dalam Organisasi

Anda tidak semangat berkerja? Atau mungkin jenuh dengan keseharian yang dipenuhi oleh tugas pekerjaan yang menumpuk. Tampaknya anda kurang vitamin. Tetapi bukan vitamin c,atau vitamin b melainkan vitamin motivasi. Ya Motivasi merupakan salah satu vitamin bagi kita yang sudah masuk di dunia kerja
contohnya. Mungkin banyak sekali pelatihan dari kantor agar karyawannya kembali memiliki semangat dalam berkerja.Akan tetapi motivasi itu sendiri tidak hanya dari pelatihan. Motivasi bisa dari atasan, rekan kerja, keluarga dan itu semua dibarengi dengan motivasi dari diri sendiri. Tapi apakah kita tahu apa itu motivasi? Motivasi berasal dari bahasa latin movere yang berarti dorongan atau menggerakkan. Dalam kehidupan, motivasi memiliki peranan yang sangat penting. Sebab, motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung perilaku manusia, sehingga mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal.
Tanpa adanya motivasi dalam diri seseorang, maka dapat dipastikan bahwa orang itu tidak akan bergerak sedikitpun dari tempatnya berada. Begitupun dalam kehidupan berorganisasi, motivasi organisasi sangat mutlak adanya.
Sehebat apapun recana yang telah dibuat oleh ketua organisasi, apabila dalam proses aplikasinya dilakukan oleh anggota yang kurang atau bahkan tidak memiliki motivasi yang kuat, maka akan menyebabkan tidak terealisasinya rencana tersebut.
Tidak salah jika kemudian Flipo mendefinisikannya dengan “Direction or motivation is essence, it is a skill in aligning employee and organization interest so that behavior result achievement of employee want simultaneously with attainment or organizational objectives. Motivasi dalam organisasi adalah suatu keahlian, dalam mengarahkan pegawai dan organisasi agar mau bekerja secara berhasil, sehingga keinginan para pegawai dan tujuan organisasi sekaligus tercapai.
Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, manusia akan termotivasi oleh kebutuhan yang dimilikinya. Pendapat ini sejalan dengan Robin yang mengemukakan bahwa Motivasi organisasi adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu dalam memenuhi beberapa kebutuhan individual.
Baron dalam Mangkunegara mendefinisikan motivasi dalam organisasi sebagai proses pemberian dorongan kepada anak buah supaya anak buah dapat bekerja sejalan dengan batasan yang diberikan guna mencapai tujuan organisasi secara optimal. Motivasi ini dapat pula dikatakan sebagai energi untuk membangkitkan dorongan dalam diri.
Terkait dengan motivasi dalam organisasi, perlu kita pahami, lima fungsi utama manajemen adalah planning, organizing, staffing, leading, dan controlling. Pada pelaksanaannya, setelah rencana dibuat (planning), organisasi dibentuk (organizing), dan disusun personalianya (staffing).
Langkah berikutnya adalah menugaskan atau mengarahkan anggota menuju ke arah tujuan yang telah ditentukan. Fungsi pengarahan (leading) ini secara sederhana adalah membuat anggota melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan dan harus mereka lakukan.
Memotivasi organisasi merupakan kegiatan kepemimpinan yang termasuk di dalam fungsi ini. Kemampuan ketua organisasi untuk memotivasi anggotanya akan sangat menentukan efektifitas ketua.
Ketua harus dapat memotivasi para anggotanya agar pelaksanaan kegiatan dan kepuasan kerja mereka meningkat. Jika ketua membiarkan anggotanya berjalan tanpa motivasi, maka bisa dipastikan kinerja organisasi yang memburuk, menemukan kegagalan program kerja, bahkan terancam bubar.
Menurut Atkinson, suatu organisme (dalam hal ini manusia dan hewan) yang dimotivasi akan terjun ke dalam suatu aktivitas secara lebih giat dan lebih efisien daripada yang tidak dimotivasi. Selain menguatkan organisme itu, motivasi dalam organisasi cenderung mengarahkan perilaku (orang yang lapar dimotivasi untuk mencari makanan untuk dimakan; orang yang haus, untuk minum; orang yang kesakitan, untuk melepaskan diri dari stimulus/rangsangan yang menyakitkan.
Kesimpulan : Jika demikian, motivasi dalam organisasi memegang peranan yang tidak bisa diremehkan. Banyak cara yang bisa dilakukan, baik secara formal maupun informal. Baik secara organisatoris maupun pendekatan secara personal. Sebagai pimpinan organisasi, sebisa mungkin bisa memahami masalah anggotanya, sehingga bisa memecahkan masalah secara bersama. Peran evaluasi sangat penting dalam hal ini, sehingga tidak ada anggota yang merasa terpaksa menjalankan roda organisasi. Apalagi, jika organisasi bersifat sukarela, alias tidak ada upah kerja untuk anggotanya.

32 komentar:

BloggerSay's mengatakan...

terima kasih atas motivasinya, tapi agak susah buat memotivasi diri sendiri

Ahmad'z mengatakan...

@bloggersay: ya memang tapi sebelum dicoba,,bagaimana bisa terlihat hasilnya??

Bang NgangaN mengatakan...

terimkasih atas kalimat-kalimat motifasinya. senang bisa mampir n meraih semangat baru dari blog sampean,Pak.

dHaNy mengatakan...

Memang bener mas, sebagus apapun motivatornya namun kunci utama kembali lagi ke diri masing2. Karena motivator sesungguhnya adalah diri kita sendiri. Dan musuh terbesar tentu juga diri kita sendiri. Jadi mari berperang terhadap mental2 blok dan kekurangan pada diri kita untuk menjadi yang lebih baik..
Terima kasih motivasinya mas Ahmad.
Kunjungan pertama, salam kenal...

eny mengatakan...

terimakasih sdh brkunjung ke dunia saya
:)

alamendah mengatakan...

Motivasi yang paling besar dan mengena justru yang dari dalam. Keknya begitu saya pernah dengar.

ada-akbar.com mengatakan...

Setiap hari kita harus berusaha memotivasi diri kita sendiri.. . .

Ahmad'z mengatakan...

@bang ngangan: iya pak ,sama" maksih dh kunjung,,
@dhany: memang dalam motivasi banyak kelebihan yang akan kita dapatkan serta menutup mental" kita yang lemah,,makasih mas kunjungannya^^
@eny: iya mbak eny sama",,
@alamendah: karena internal diri kita lebih berperan besar dalam memotivasi,,karena kita sbg subjek dalam permasalahan..:)
@ada-akbar: betul sekali mas,,setiap saat kita kekurangan motivasi, motivasilah organisasi diri kita. makasih kunjungannya :)

korelasi linear sederhana mengatakan...

Motivasi di dalam organisasi berguna untuk kembali "menyegarkan" seluruh lini organisasi, agar berkenan menjalankan visi dan misi bagi pencapaian tujuan organisasi. Tugas me-motivasi di dalam organisasi dilaksanakan oleh pimpinan/manajer... Ada kritik, bahwa apapun alasan dan teori yang dikemukakan, motivasi yang dilakukan pimpinan/manajer di organisasi, hanyalah bermuara pada peningkatan kapital organisasi (baca perusahaan)...
Btw.. tulisan anda sudah bagus.. lanjutkan berkreasi...
Mampir ke blog ini sambil nulis2 tentang korelasi linear sederhana

Ahmad'z mengatakan...

@korelasi linier sederhana: hehe maksih kawan kritiknya,,akan saya perbaiki tulisan saya di postingan selanjutnya,,makasih kunjungannya,:)

Arik mengatakan...

kalimat2 yang sangat memotivasi...terimakasih artikelnya

Ahmad'z mengatakan...

@Arik: Sama" mas arik,,thx dh sedia kunjung,,^^

Hariyanti Sukma mengatakan...

good....good....good

rime mengatakan...

intinya kita harus senang dulu dengan pekerjaan kita.. kalau senang, pasti banyak motivasi :)

Rizky2009 mengatakan...

iya nih sob terkadang aq juga jenuh dengan kerjaan q yg ada sekarang, pengen coba hal2 baru lagi, tp u/ mengusir rasa jenuh solusinya buat saya cuma sabar dan sabar "badai pasti berlalu"

NINDAAA mengatakan...

ah iya nih butuh motivasi skripsi haha

lintasberita mengatakan...

Selamat Sore ! Wah widgetnya menarik2 pingin juga make tapi ga seberapa pinter ngatur2nya masih agak2 bingung.

Lily Kasim Personal Blog mengatakan...

wew..ulasan yang lengkap..terpercaya....motivasi emang penting banget...

Ahmad'z mengatakan...

@mbak sukma: good jga mbak,,:)
@rime: setuju sekali,,kita harus senang dengan job kita:)
@rizky2009: kayak lagu Alm.Chrisye aja "badai pasti berlalu" heheh
@Ninda: semangat ya nin skripsinya,,^^
@lintas berita: hmm makasih,,tpi biasa ajah widgednya,,,
@Lily kasim: Iya makasih,,makasih dh kunjung,,,

Hariez mengatakan...

hidup memang selalu membutuhkan motivasi dan motivasi tidak akan ada tanpa ada tujuannya..well dari tulisan ini paling tidak saya mengerti seperti apa memotivasi minimal untuk diri saya sendiri

salam hangat

HTC mengatakan...

SE7 Banget Gan,,,
Gan Link BLog Ini Udah Ane Pasang n ane follow SIlakan Dicek,,Pasang n follow balik yah Balik Yah Ane TUnggu Kunjungan Balasannya :D

iam mengatakan...

Thank's mas motivasi nya, keren :)

MENONE mengatakan...

sll menjaga rasa kebersamaan..........

Salam persahabatan dr MENONE

7 taman langit mengatakan...

motivasi memang sangat diperlukan dalam berorganisasi
artikel yang bagus, saya suka.

udienroy mengatakan...

Hmm suatu nasehat yang penuh potensi, khususnya buat kaum sibuk, lha diriku ini sebenarnya juga sibuk, tapi... Tidak sibuk2 amat hehe

pututik mengatakan...

semakin banyak artikel yang memotivasi dan memberi inspirasi. nice

sakti2 mengatakan...

motivasi, dorongan, motif, niat. Segala perbuatan pasti ada niatnya. Kalau ada yang sedang berbuat tapi gak ada niatnya, berarti orang itu lagi gak sadar... bebrbuat tapi gak ada motivasi, sama saja sedang mabuk... benar gak ya?

sumonggo mengatakan...

Artikel yang bagus mas hehe. . .

arikaka mengatakan...

dan motivasi dapat kita cari di mana aja. :D

teguhsasmitosdp1 mengatakan...

Wah, terima kasih atas artikel penyemangat nih,...salam

Dhity 382 mengatakan...

Artikelnya menarik.
Salam kenal.

situsonline mengatakan...

Setiap pekerjaan perlu motivasi yg handal.
thank u motifasinya

Posting Komentar

Diwajibkan untuk berkomentar untuk perkembangan blog ini tapi asal sopan dan membangun ya ok??